Nama : indah lukita
Kelas : 4EB21
Tugas : kewirausahaan
Npm : 24213358
___________________________________________________________________________
Siapa yang tidak kenal KRIPIK
SINGKONG KARUHUN yang di kenal rasanya yang pedas hingga memiliki level S, P,
dan SP dan rasanya yang gurih. Kata Karuhun merupakan bahasa Sunda yang berarti
LELUHUR. Produk utamanya adalah Keripik Singkong pedas dengan menggunakan resep
jaman dahulu, serta dengan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Keripik
Singkong Karuhun dibuat dari singkong khusus yang memiliki kualitas terbaik
untuk menghasilkan keripik yang empuk dan renyah. Keripik karuhun diiris dengan
ketebalan yang tepat, dan melalui proses penggorengan dengan teknik tertentu
serta suhu yang tepat. Dengan pemberian bumbu yang tepat dengan menggunakan
cabai berkualitas menghasilkan rasa pedas yang tepat dan dipadu dengan segarnya
aroma daun jeruk purut.
Yana Hawiarifin adalah seorang
yang mengelola bisnis tersebut, berawal dari idenya sekarang bisnisnya sukses
di kenal di seluruh masyarakat dan tidak sedikit orang yang tau kripik
karuhunnya. Berawal dari selalu memikirkan masa depan keluarganya yang tak
jelas karena keterbatasan ekonomi, Yana Hawiarifin terpaksa putar otak untuk
dapat membantu mereka. Sempat jaya dalam bisnis properti tahun 1994, omzet
properti secara mendadak anjlok saat krisis ekonomi 1997-1999. Kejadian ini
membuat Yana terpaksa meninggalkan bisnis properti.
Setelah diskusi dengan salah
seorang keponakannya, lahirlah ide untuk menjual keripik pedas. “Tapi saya
pikir harus ada pembeda karena yang jual keripik sudah banyak sekali. Setelah
pikir sana-sini kami putuskan bahwa Keripik Karuhun identik dengan renyah dan
aroma daun jeruk,” Yana mengaku pada awalnya sulit untuk memperkenalkan Keripik
karuhun kepada masyarakat luas. Awalnya Ia menggunakan sanak saudaranya untuk
memperkenalkan produknya ke semua teman-teman.
Setelah itu ia menggunakan
mobilnya yang ditempeli stiker keripik Karuhun berputar-putar keliling Bandung
tanpa arah. “Supir sampai bingung mau ngapain sebenarnya, tapi saya bilang
jalan saja pokoknya,” tambah Yana. Setelah seminggu berputar-putar tanpa arah
akhirnya Yana menentukan titik-titik jualan di Bandung. Namun setelah dua
minggu Keripik Karuhun dijajakan di titik-titik yang telah ditentukan, tim
penjualan Yana stres. Dua minggu pertama rata-rata penjualan tiap orang hanya
5-6 bungkus. Jika digabungkan penjualan keseluruhan keripik Karuhun hanya 32
bungkus. Dengan mental pemenang itu, akhirnya keripik Karuhun semakin kesohor
di masyarakat. Saat ini penjualan per hari keripik Karuhun dapat mencapai 20
ribu bungkus dengan omzet per bulan mencapai puluhan juta rupiah. Kesuksesan
ini tak lepas dari kreatifitas strategi marketing Yana. Dengan sistem penjualan
langsung yang mengadopsi sistem multilevel marketing, Yana memberdayakan
mahasiswa dan kaum muda lainnya untuk ikut berjualan.
.
Opini
penulis mengenai karuhun:
Karuhun merupakan salah satu jenis usaha kecil yang menjadi besar dan sukses. Berawal
dari si pengelola berhasil memutar otaknya menemukan ide untuk menjual kripik
singkong pedas kini terbukti karuhun di kenal dan laku keras di kalangan
masyarakat indonesia. Konsep pemasaran yang di sajikan dari owner mampu
bersaing dengan jenis-jenis kripik singkong yang lain. Memperkenalkan produknya
ke sanak keluarganya dan ke semua teman-temannya dan Yana juga menggunakan
mobilnya untuk berjualan keliling bandung tanpa arah dengan di tempeli stiker
karuhun di mobilnya. Harganya yang cukup terjangkau membuat para konsumen juga
mecintai produk kripik singkong karuhun. Kini penjualan Yana per hari dapat
mencapai 20ribu bungkus dengan omset perbulan mencapai puluhan juta rupiah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar